Ok jumpalagi di Indcreate :3, Postingan kali ini di tujakan khususnya untuk programer unity3d, karena kali ini ane mau share dan menjelaskan sedikitnya mengenai Ai script di unity.
Sebelumnya udah pada tahu kan Ai itu kyak gmn? Yup Ai itu tidak di kontroll oleh player melainkan bergerak sendiri. Dalam game Ai biasa juga di sebut bot bisa berupa musuh ataupun teman.
1. Buat projek baru Namanya terserah kalian, pastinya pilih versi 3d
2. Kemudian buat scane baru dan fokuskan view pada camera
3. Tambahkan plane dan capsule pada scane dimana Capsul ini nantinya akan menjadi AI
4. Klik tab project kemudian creat new file javascript dengan nama Aiset.js kemudian isikan script ini:
var distance;
var isItAttacking = false;
var target :Transform;
var lookAtDistance = 10.0;
var attackRange = 3.0;
function Update ()
{
distance = Vector3.Distance(target.position, transform.position);
if(distance < lookAtDistance)
{
isItAttacking = false;
renderer.material.color = Color.yellow;
print("Kejar...");
lookAt ();// fungsi ini akan di eksekusi ketika ada player di dekat object ini
}
if(distance > lookAtDistance)
{
renderer.material.color = Color.green;
}
if(distance < attackRange)
{
print("Serang....");
attack ();//function ini akan di eksekusi ketika player berada di jangkawan serang
}
if(isItAttacking)
{
renderer.material.color = Color.red;
}
}
5. Simpan kemudian drag drop ke Ai atau capsule yang ada di scane
Sebenernya pembuatan script ai sudah selesai cuman disini ane mau jelaskan sedikit tentang script di atas.
Script di atas akan bekerja jika ada target dan jika target jauh dari lookAtDistance ai ini tidak akan melakukan apapun, tapi ketika target berada di lookatdistance dia bakal mengejarnya dak ketika berada di jarak serang dia bakal menyerangnya
PAntengin terus blog ini untuk tutorial selanjutnya ya :v
Sekian dan terimakasih :D
0 Komentar Untuk "Membuat AI (Musuh) dasar di Unity Menggunakan Script sederhana"
Post a Comment
Berkmentarlah dengan baek dan sopan
- jangan melakukan spam ataupun sara Home